Perangkat Komputer

Sunday, January 20, 2013

Memperbaiki FlashDisk Yang tidak Bisa di Format



Beberapa waktu yang lalu,,, flashdisk saya yang ber-merk Transcend seri Jetflash V30 secara tiba-tiba gagal berfungsi. Entah mengapa ketika saya menancapkan flashdisk tersebut ke laptop, muncul pesan bahwa flashdisk tersebut belum diformat. Dan setelah diformat lewat my computer, tetap saja flashdisk error saat dibuka dan membuat sistem komputer menjadi hang, bahkan ukuran space flashdisk tersebut berubah menjadi hanya 1Mb saja. Berkali-kali saya coba memformat flashdisk tersebut, tetap saja tidak membuahkan hasil.

Lalu saya coba googling tentang cara reparasi flashdisk, ada yang menyarankan memakai software HP USB Disk Storage Formatter Tool (download di sini). Software tersebut pada prinsipnya memformat flashdisk secara penuh. Namun ternyata, lagi-lagi proses format gagal, flashdisk tetap tidak bisa dipakai.
Bingung karena gada solusi, iseng-iseng saya coba membuka flashdisk saya. Di situ terlihat ada dua komponen berwarna gelap yang berbentuk segi empat. Komponen yang lebih besar adalah modul memory, modul memory tersebut menentukan besarnya kapasitas flashdisk. Komponen yang lebih kecil adalah mikrokontroller. Mikrokontroller mengendalikan segala aktifitas pembacaan dan penulisan pada flashdisk.

Setelah dicermati, merek dari mikrokontrollernya adalah ALCOR-AU6982. Saya menemukan ide untuk memprogram ulang (reFlash) mikrokontroller tersebut. Ide tersebut muncul setelah saya mengupgrade software Nokia 5700 saya dari versi 3.27 ke versi 5.11 dan setelah memflash nokia 3100 yang matot menjadi normal kembali. Kalau hape saja bisa, kenapa flashdisk ngga bisa???

Lalu saya search eyang google lagi dengan mencantumkan nama "alcor AU6982 flash", pada sebuah situs berbahasa rusia, saya menemukan tool untuk memprogram ulang ALCOR AU-6982 yang merupakan mikrokontroller pada flashdisk Transcend Jetflash V30.

Lalu saya download tool tersebut, jalankan.....dan Abracadabra,,,,, Flashdisk berfungsi normal kembali!!!
Tool untuk memprogram ulang alcor au6982 atau untuk flashdisk transcend Jetflash V30 bisa di download di SINI.

Menurut analisa saya, penyebab rusaknya flashdisk saya adalah hilangnya tutup flashdisk. Jika flashdisk tidak bertutup, jika metal USBnya dipegang tangan, kemungkinan listrik statis dari tangan dapat merusak komponen elektris pada flashdisk. Dalam kasus ini, kemungkinan terjadi gangguan pada mikrokontroller yang mengharuskan memprogram ulang mikrokontroller tersebut.

Bahkan merek flashdisk tersebut bisa saya ganti dengan nama saya,hhe,,,

Cara mengganti mereknya adalah dengan mengubah konfigurasi yang terdapat pada file AlcorMP. ini

Jadi, apabila flashdisk anda rusak dan masa garansinya sudah habis, solusi ini bisa anda coba diterapkan.
Semoga tips ini bisa berguna bagi anda. 

Post a Comment

Fanepages

Total Pageviews

Popular Posts